Sistem bahan bakar mesin bensin

Sistem bahan bakar (fuel system) terdiri dari beberapa komponen, dimulai dari tangki bahan bakar (fuel tank) sampai pada charchoal canister. Bahan bakar yang tersimpan dalam tangki dikirim oleh pompa bahan bakar (fuel pump) ke karburator melalui pipa pipa dan selang selang. Air dan pasir, kotoran dan benda benda lainnya dikeluarkan dari bahan bakar oleh saringan (fulel filter).

Karburator (pada kendaraan yang dilengkapi EFI) menyalurkan ke mesin sejumlah bahan bakar yang dibutuhkan berupa campuran udara dan bahan bakar. Sejumlah gas HC yang timbul di dalam tangki dikurangi oleh chartcoat canister (digunakan pada beberapa model) keseluruhan bagian ini membuat sistem bahan bakar.

Bensin dialirkan dari tangki melalui saringan, selang dan pipa hisap (suction tube). Bensin yang sudah disaring dikirim ke karburator oleh pompa bahan bakar, dan karburator mencampurnya dengan udara dengan suatu perbandingan tertentu menjadi campuran udara dan bahan bakar. Sebagian campuran udara dan bahan bakar menguap dan menjadi kabut saat mengalir melalui intake manifold ke silinder-silinder.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Yamaha YZF-R6